Informasi Trekking Rinjani

informasi trekking rinjani

apakah anda sedang Mencari informasi tentang pendakian ke gunung Rinjani, atau berencana melakukan pendakian dalam waktu dekat. anda breada di tempat yang tepat Karena kami dari Lombok Green Nature menyediakan informasi paket tour yang lengkap terkait menjelajah alam Taman Nasional Gunung Rinjani.

Tour dan trekking ke Gunung Rinjani Lombok adalah atraksi yang paling banyak di minati oleh wisatawan baik wisatawan nusantara maupun wisatwan asing yang memiliki hoby menjelajahi alam di pulau Lombok Provinsi Nusa Tenggara Barat. perjalanan menjelajah Gunung Rinjani panjangnya 25 km di hitung dari pintu masuk Kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani melalui Sembalun sampai pintu pendakian Desa Senaru Kabupaten Lombok Timur. Sementara dari pelawangan Sembaulun menuju puncak gunung rinjani jaraknya 3 km. jika di hitung dari pelawangan ke puncak dan dari puncak balık ke pelawangan Sembalun totalnya 6 km. maka perjalanan program full paket pendakian berangkat dari sembalun dan finish di Senaru totalnya 32 km.

informasi trekking rinjani

Medan jalur Sembalun mulai dari pintu gerbang pendakian samapai post III treknya relatif tidak terlalu berat karena masih banyak trek yang datar dan tidak terlalu menanjak yaitu mendaki dari ketinggain 1200 mdpl sampai pada 1800 mdpl. dari post III treknya lebih menantang yaitu terkenal dengan sebutan bukit penyesalan menuju pelawangan yang ketinggaianya 2626 Mdpl.

Sepanjang jalur Sembalun di dominasi oleh hutan savanna mulai dari pintu gerbang masuk Kawasan Taman Nasioanl Gunung Rinjani sampai Post III. Sementara dari post III sampai pelawangan berupa savanna dan hutan cemara.

Seperti jalur Sembalun, Senaru rutenya lebih menantang dan melelahkan dimana memulai pendakian dari pintu gerbang yang ketinggianya 600 Mdpl menuju 2676 Mdpl. Secara hitungan angka rute senaru treknya lebih terjal dari pada rute Sembalun. Berbeda dengan jalur Sembalun melewati sebagian besar Hutan Savana, jalur Senaru di dominasi oleh hutan kayu yang lebat mulai dari batas Kawasan Taman Nasional sampai post III. Berjalan 500 meter dari post III menuju pelawangan terdiri dari Hutan Savana dan Cemara.

Keduanya baik Sembalun dan Senaru jalur turun ke danau relatif sama yaitu treknya sama-sama terjal dan bebatuan sehingga harus extra hati-hati ketika melawatu kedua rute tersebut.

Bagaimana cara mendaki Gunung Rinjani ?

Trekking ke Guung Rinjani di haruskan menggunakan Perusahaaan yang bergerak di jasa penyelenggara tour resmi terdaftar di Balai Taman Nasional Gunung Rinjani. Kami dari perusahaan Lombok Green Nature menyediakan segala kebutuhan perjalanan anda mulai dari Guide gunung profesioanal, Porter pengangkut barang sekaligus sebagai tukang masak selama dalam petualangan menjelajah Rinjani. Tidak hanya itu, transportasi antar jemput dan peralatan pendakian juga di sediakan oleh perusahan.

hiking rinjani

Perlunya menggunakan jasa tour operator karena rute di sepanjang perjalanan di Kawasan taman Nasional Gunung Rinjani cukup berbahaya. Jalurnya banyak yang terjal dan curam terutama di titik-titik tertentu. Apalagi setelah gempa bumi yang terjadi beberapa kali pada bulan Juli 2018 mengakibatkan banyak kerusakan terhadap rute pendakian yang miring.

Informasi Umum

Secara umum, trekking ke Gunung Rinjani biasanya tutup pada awal bulan Januari dan buka pada awal April setiap tahunya. Penutupan di lakukan kareana cuaca kurang bersahabat yaitu intensitas hujan sangat tingi dan upaya kepentingan konservasi Kawasan.

Waktu yang paling bagus untuk melakukan pendakian di Gunung Rijani mulai pada bulan April-Juni. Pada saat itu, cuaca masih sejuk dan alam di sekitarnya masih hijau meskipun pada bulan April biasanya masih turun hujan.

Sementara mulai bulan July-Oktober cuaca mulai panas dan di sepanjang jalur pendakian mulai berdebu. Puncak tingginya angka kunjungan ke Gunung Rinjani baik wisatawan manca negara maupun wisatawan nusantara juga berada di antara bulan July, Agustus, September dan Oktober.

air panas

Khusus wisatawan nusantara, biasanya ramai datang pada bulan agustus di hari libur Panjang untuk merayakan hari kemerdekaan Republik Indonesia pada tanggal 17 agustus. Pusat acara ada di beberapa titik mulai dari pelawangan Sembalun, puncak Gunung Rinjani dan di danau Segara Anak.

Sementara untuk saat ini belum dapat di lakukan perjalanan ke danau Segara anak mealalui pintu Senaru karena jalur turun mulai dari pelawangan mengalami longsor sehingga tidak bisa di lewati, dengan demikian mendaki melalui pintu Senaru hanya dapat mencapai Pelawangan.

Bagi wisatawan yang ingin mengunjungi danau Segara Anak maka harus melewati jalur pendakian Sembalun yang realatif masih bisa dan bagus untuk di lewati. Kmudian kembalipun harus melalui jalur yang sama mengingat jalur menuju pelawangan Senaru tertutup total akabat longsor.

Apa yang harus di bawa ?

Peralatan Camping seperti Tenda, matrass, Sleeping Bag sudah termasuk dalam paket yang kami sediakan. Namun ada beberapa barang yang penting yang harus di bawa sendiri seperti lampu kepala, jaket hangat, sepatu trekking, celana Panjang, celana pendek dan sandal juga sangat penting digunakan ketika mengujungi air panas yang dekat dengan areal danau segara Anak.

Jika anda memiliki riwayat alergi khusus seperti alergi bunga dan tumbuh-tumbuhan lainya maka disarankan untuk membawa obat sendiri. Kami hanya menyediakan obat-obatan tertentu seperti P3k, obat demam dan sakit perut yang dapat di gunakan tanpa resep dari dokter. Jangan lupa juga membawa jas hujan ketika melakukan pendakian pada bulan April dan bulan Mei.

Untuk keperluan pribadi lainya seperti baju dan lain-lain bawa secukupnya dan yang penting-penting saja sesui dengan list keperluan selama pendakian. Janga lupa bawa Kamera atau handphone untuk mengabadikan perjalanan dan alam Gunung Rinjani.

Kebutuhan terkait makanan, air snack, soft drink dan buah sudah di sediakan oleh perusahaan, namun anda boleh membawa makanan sendiri seadanya agar beban bawaan anda tidak terlalu berat. Sebelum berangkat melakukan pendakian maka anda akan di berikan air satu botol besar sebgai kebutuhan di perjalanan.

Trekking Gunung Rinjani – rute dan gambaran lamanya pendakian

Banyak pilihan program mendaki Gunung Rinjani, mulai dari 1 hari untuk Pendaki berpengalaman. Kemudian paket 4 hari untuk pendaki pemula atau wisatawan yang sengaja berjalan santai dengan tujuan agar dapat menikmati dan menjelajahi alam Rinjani dalam waktu yang lebih lama.

Trekking rute Sembalun dan gambaranya

Gempa bumi pada bulan Juli 2018 mengakibatkan kerusakan di beberapa titik jalur pendakian. Mulai dari jalur pos 3 sampai pelwangan mengalami kerusakan akibat longsor. Pelawangan saat ini sudah bisa di akses melalui jalur yang lain berdekatan dengan lokasi jalur yang rusak. Sementara itu, untuk program 3 Hari 2 Malam dan 4 hari 3 malam tidak dapat lagi di akses melalui jalur Senaru karena jalur dari danau menuju pelawangan rusak parah pasca gempa bumi yang tertutup akibat longsor. Karena itu, harus kembali melalui jalur pendakian Sembalun.

1 hari ke puncak

Hanya untuk pendaki professional dan memiliki stamina luar biasa yang dapat mengambil program ini . Start dari Sembalun jam 12 malam melalui Post 1 Pemantauan – Post 2 Tengengean – Post 3 Padabalong – Pelawangan Sembalun – Puncak dan turun ke Pelawangan dan langsung kembali ke Sembalun, dengan waktu tempuh 12 jam (waktu cepat).

puncak rinjani

2 hari ke puncak

Untuk pendaki yang sudah berpengalaman atau memiliki stamina yang prima.
Hari 1 : Start dari Sembalun melalui Post 1 Pemantauan – Post II Tengengean – Post III
Padabalong – Pelawangan Sembalun, dengan waktu tempuh 7-12 jam (waktu normal).

Hari 2 : Start dari Pelawangan Sembalun menuju Puncak, kemudian turun ke Pelawangan
dan langsung kembali ke Sembalun, dengan waktu tempuh 7-10 jam (waktu normal)

3 hari puncak dan danau

Hari 1 : Start dari Sembalun melalui Post 1 Pemantauan – Post II Tengengean – Post II
Padabalong – Pelawangan Sembalun, dengan waktu tempuh 7-12 jam (waktu normal).

Hari 2 : Start dari Pelawangan Sembalun menuju Puncak, kemudian turun ke Pelawangan
dan langsung menuju ke danau, dengan waktu tempuh 7-10 jam (waktu normal)

Hari 3 : Start dari danau kembali ke Pelwangan Sembalun – Post II Smbalun – Post II
Sembalundan finish di Sembalun, dengan waktu tempuh 8-12 jam (waktu normal)

4 hari puncak dan danau Segara Anak

Hari 1 : Start dari Sembalun melalui Post 1 Pemantauan – Post II Tengengean – Post III
Padabalong – Pelawangan Sembalun, dengan waktu tempuh 7-12 jam (waktu normal).

Hari 2 : Start dari Pelawangan Sembalun menuju Puncak, kemudian turun ke Pelawangan
dan langsung menuju ke danau, dengan waktu tempuh 7-9 jam (waktu normal)

Hari 3 : Start dari danau menuju Pelawangan Sembalun – Post III Sebalun, dengan waktu
tempuh 4-6 jam (waktu normal).

Hari 4 : Start dari Post III Sembalun melalui post II Sembalun dan finish di Sembalun,
dengan waktu tempuh 4-6 jam (waktu normal).

Waktu tempuh di atas bisa berubah sesuai dengan kondisi fisk dan kecepatan masing -masing pendaki.

 

Lombok Nature Whatsapp Chat
Send via WhatsApp