Informasi Trekking Rinjani

23 Dec

Tour dan trekking ke Gunung Rinjani Lombok adalah perjalanan sejauh kurang lebih 50 km yang mencakup seluruh rute trekking di Gunung Rinjani, dengan lebih dari 25 km penurunan dan pendakian, yang biasanya dilakukan dalam beberapa hari.

Trekking ke Gunung Rinjani dapat dilakukan :

1. Dengan menggunakan jasa penyelenggara Trek organizer lokal Sembalun atau Senaru yang memungkinkan Anda untuk benar-benar menikmati pemandangan, mengambil banyak foto dan berjalan dengan hanya membawa sebuah ransel kecil (daypack) yang berisi kebutuhan pribadi dimana beratnya sekitar 5 kg. Peralatan berkemah, makanan dan minuman semua dibawa oleh porter.
2. Mendaki ke Gunung Rinjani bisa dilakukan benar-benar sendiri (independen): Anda membawa semua makanan dan peralatan berkemah itu sendiri. Pilihan ini memberi Anda kebebasan yang lebih untuk mengatur mengikuti keinginan, kemampuan Anda dan pergi ke mana Anda suka bisa dilakukan kapanpun Anda inginkan.

trekking ke gunung rinjani

Informasi Umum

Secara umum, trekking ke Gunung Rinjani buka dari awal bulan April sampai minggu pertama atau kedua di bulan Januari. Dianjurkan untuk memesan kamar hotel di desa Senaru atau Sembalun sesuai jalur pendakian yang akan dilalui, terutama jika Anda akan mendaki pada musim yang ramai antara pertengahan Juli hingga pertengahan September.
Pada awal musim pendakian paling tenang dan paling indah karena seluruh savana dan pohon pohon masih hijau di semua jalan yang di lewati, tapi hati-hati dari musim hujan yang mungkin masih ada yang membuat trek sepanjang jalan dari Pelawangan Sembalun ke Danau, dari danau ke Pelawangan Senaru sampai Pos 2 Senaru akan licin dan di beberapa tempat sering terjadi longsor, dan jangan lupa membawa mantel hujan …penting.

Margasatwa

Satwa liar di Gunung Rinjani terdiri dari beberapa jenis seperti Monyet hitam ekor panjang sebutan lokal Lutung, Kera abu-abu yang umum di Lombok dan banyak temui di tepi kawah dekat daerah berkemah, rusa adalah penghuni hutan dan kadang-kadang terlihat di sepanjang jalan menuju Pelawangan, babi hutan dan berbagai burung berwarna-warni hidup di hutan Taman Nasional Gunung Rinjani.

Peralatan

Selain peralatan mendaki gunung seperti tenda, sepatu trekking, jaket, kantong tidur, alat masak dan peralatan standard mendaki gunung lainnya, celana pendek dan sandal jepit juga penting untuk di bawa. Khusus untuk kantong tidur dan pakaian agar di kemas dalam wadah yang waterproofs sangat penting, jika sewaktu waktu turun hujan.

Jangan lupa membawa air minum yang cukup dan mendaftar, membayar biaya masuk di Rinjani Trek Centre Senaru jika Anda mendaki melalui Senaru atau di Rinjani Information Centre Sembalun jika Anda akan mendaki melalui Sembalun.

Peta untuk Trekking Gunung Rinjani dari Senaru di sini
Peta untuk mendaki Gunung Rinjani dari Sembalun di sini
Peta Lokasi penting di Danau Segara Anak di sini.

Trekking Gunung Rinjani – Route dan Deskripsi

Anda memiliki banyak pilihan waktu mendaki Gunung Rinjani, dari 1 hari untuk Pendaki Pengalaman sampai 4 hari Pendaki pemula.
Berikut adalah beberapa saran yang berbeda yang dapat membantu Anda dalam menentukan pilihan dalam mendaki Gunung Rinjani :
1. Anda dapat pergi sendiri karena yakin mampu dan sudah memiliki pengalaman mendaki gunung.
2. Anda dapat membawa peralatan sendiri, makanan dan air tapi ragu akan kemampuan, sebaiknya menggunakan pemandu atau meminta saran disini
3. Anda tidak mau repot membawa peralatan, makanan dll contact Trek Organizer disini.

Trekking Route Sembalun dan Deskripsi

1 hari ke puncak

Hanya untuk pendaki yang pengalaman dan memiliki stamina yang super.
Start dari Sembalun biasanya jam 12 malam melalui Post 1 Pemantauan – Post 2 Tengengean – Post 3 Padabalong – Pelawangan Sembalun – Puncak dan turun ke Pelawangan dan langsung kembali ke Sembalun, dengan waktu tempuh 12 jam (waktu cepat).
Deskripsi lengkap di sini.

2 hari ke puncak

Untuk pendaki pengalaman atau Anda yang memiliki stamina yang prima.
Hari 1 : Start dari Sembalun melalui Post 1 Pemantauan – Post 2 Tengengean – Post 3 Padabalong – Pelawangan Sembalun, dengan waktu tempuh 7 jam (waktu normal).
Hari 2 : Start dari Pelawangan Sembalun menuju Puncak, kemudian turun ke Pelawangan dan langsung kembali ke Sembalun, dengan waktu tempuh 10 jam (waktu normal)
Deskripsi lengkap di sini.

3 hari puncak dan danau

Hari 1 : Start dari Sembalun melalui Post 1 Pemantauan – Post 2 Tengengean – Post 3 Padabalong – Pelawangan Sembalun, dengan waktu tempuh 7 jam (waktu normal).
Hari 2 : Start dari Pelawangan Sembalun menuju Puncak, kemudian turun ke Pelawangan dan langsung menuju ke danau, dengan waktu tempuh 7 jam (waktu normal)
Hari 3 : Start dari danau menuju Pelawangan Senaru – Post 3 Senaru – Post 2 Senaru dan finish di Senaru, dengan waktu tempuh 8 jam (waktu normal)
Deskripsi lengkap di sini.

4 hari puncak dan danau

Hari 1 : Start dari Sembalun melalui Post 1 Pemantauan – Post 2 Tengengean – Post 3 Padabalong – Pelawangan Sembalun, dengan waktu tempuh 7 jam (waktu normal).
Hari 2 : Start dari Pelawangan Sembalun menuju Puncak, kemudian turun ke Pelawangan dan langsung menuju ke danau, dengan waktu tempuh 7 jam (waktu normal)
Hari 3 : Start dari danau menuju Pelawangan Senaru – Post 3 Senaru, dengan waktu tempuh 4 jam (waktu normal).
Hari 4 : Start dari Post 3 Senaru melalui post 2 Senaru dan finish di Senaru, dengan waktu tempuh 4 jam (waktu normal).
Deskripsi lengkap di sini.

Waktu tempuh di atas bisa berubah sesuai dengan kecepatan pendaki masing -masing dan situasi medan waktu mendaki ke gunung Rinjani, kalau Anda punya catatan yang berbeda silahkan di share di kolom komentar.

Tags: ,

Comment Facebook